Gunung Endut, Selasa 13 Agustus 2024 - Mahasiswa Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Djuanda melaksanakan Pelatiahan pemanfaatan media promosi bertempat di aula desa.Kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi antara tim PkM  kelompok 8 dengan tim PkM Dosen FEB Unida. Selain itu kegiatan ini merupakan tindak lanjut program kerja unggulan kedua dari tim PkM kelompok 8 terkait  pengembangan wisata dalam rangka peningkatan jumlah kunjungan pada Agrowisata Gunung Wayang  yang memiliki potensi menjadi salah satu wisata favorit di Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh Narasumber, Dosen, Pihak Desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMdes), Karang Taruna, Usaha Mikro Kecil Mengengah (UMKM), dan Mahasiswa Tim PkM. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pemahaman implementasi teori Manajemen Usaha yang meliputi Pengelolaan Manajemen Kewirausahaan, Pengelolaan Manajemen Keuangan, dan Pengelolaan Media Promosi. Mahasiswa Tim PkM dalam kesempatan ini juga menyampaikan mengenai kegiatan PkM yang sudah dilakukan terutama dalam Program Kerja yang sedang dilakukan pada Agrowisata Taman Gunung Wayang mengenai pembuatan media interpretasi seperti papan interpretasi atau petunjuk arah, papan denah lokasi, spot foto, dan desain merchandise.
Acara dibuka serta dipandu MC Luqman Hakim Mahasiswa Program Studi Manajemen. Kemudian pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh perwakilan Mahasiswa Tim PkM yaitu Muhamad Zidan, dilanjut dengan sambutan oleh Ibu Endang Silaningsih, SE., MM, selaku Ketua PkM FEB Unida sekaligus Dosen Pembimbing Lapang (DPL).Dalam sambutannya  beliau menyatakan kegiatan PkM dengan kolaborasi dengan Tim PkM mahasiswa dilakukan secara rutin setiap tahunnya, sebagai bentuk implementasi salah satu Tri Dharma  PT yaitu  kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Peran penting dosen dan mahasiswa dalam melakukan pengabdian masyarakat adalah dalam mendorong dan meyakinkan aparat dan masyarakat desa untuk terlibat dalam proses pembangunan dan pengembangan desa bersama tanpa harus diupah. Potensi luar biasa yang dimiliki oleh desa Gunung Endut harus mampu memberi dampak secara ekonomi bagi masyarakat desa. Untuk itu Tim PkM berharap dengan adanya kegiatan pelatihan ini, dapat meningkatkan kesdaran dan rasa memiliki masyarakat desa terhadap Agrowisata Gunung Wayang ini. Sambutan berikutnya disampaikan Kepala Desa Gunung Endut yang diwakili oleh Ibu Fitri (Kaur keungan). Dalam sambutannya beliau menyampaikan mewakili Kepala Desa, beliau mengucapkan terima kasih kepada PkM dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Djuanda yang telah ikut berperan dan mendukung pengembangan wisata khususnya Agrowista Gunung Wayang Desa Gunung Endut. Mudah-mudahan kegiatan pelatihan ini akan membuka wawasan dan motivasi masyarakat Desa Gunung Endut untuk lebih berperan aktif dalam mengembangkan desa terutama kesadaran dalm mengenalkan Agrowisata Gunung Wayang  yang merupakan wisata unggulan Desa Gunung Endut lebih luas lagi. Karena ini tidak hanya tugas dari pengelola agrowisata saja, namun juga tanggung jawab seluruh masyarakat.
Sesi inti pada kegiatan pelatihan yaitu pemaparan materi pertama tentang Motivasi Kewirausahaan oleh Narasumber Ibu Sudarijati, SE., M.Si, kemudian pemaparan materi kedua tentang Manajemen Keuangan oleh Narasumber Ibu Maria Magdalena Melani, SE., MM. Penyampaian materi yang disampaikan oleh Narasumber adalah sebagai langkah peningkatan Sumber Daya Manusia khususnya pihak BUMdes, Karang Taruna, UMKM sekitar untuk menyadarkan pentingnya pengelolaan Manajemen Kewirausahaan dan Manajemen Keuangan melalui penyampaian teori dan implementasi yang akan dilanjutkan dalam kegaitan pendampingan secara praktik langsung yang akan dilaksanakan pada kesempatan berikutnya khusus kepada pihak pengelola Agrowisata Taman Gunung Wayang yaitu BUMdes. Acara berlanjut kepada sesi penyerahan sertifikat oleh kepada Narasumber dan dilanjutkan sesi dokumentasi.
Memasuki acara berikutnya yaitu penyampaian materi ketiga tentang Media Promosi oleh pemateri dari Mahasiswa Tim PkM yaitu Muhammad Akhsan, Najib Rozabi serta perwakilan Mahasiswa Tim Pkm Kelompok 5 sebagai pemateri undangan yaitu Muhammad Fajar Fadillah. Penyampaian materi yang disampaikan pada kesempatan ini akan dilanjutkan pada sesi pendampingan praktik langsung yang dilakukan oleh pemateri dari Mahasiwa Tim PkM kepada pihak pengelola Agrowisata Taman Gunung Wayang khususnya BUMdes.Pada sesi penghujung acara, kegiatan Program Kemitraan Masyarakat yaitu sesi dokumentasi bersama dan penutup yang diakhiri oleh MC Luqman Hakim.
Bentuk andil Mahasiwa Tim PkM pada kegiata Program Kemitraan Masyarakat merupakan kolaborasi yang dilakukan dalam pengimplementasian peningkatan baik sumber daya dan pengelolaan potensi wisata berkelanjutan yang dimiliki Desa Gunung Endut yaitu Agrowisata Taman Gunung Wayang sebagai wisata unggulan yang semakin berkembang kedepannya.