GUNUNG ENDUT, SUKABUMI – Mahasiswa Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Djuanda (FEB UNIDA) melaksanakan kegiatan pelatihan inovasi produk “si endut” bersama pelaku UMKM yang bertempat di Aula Desa Gunung Endut, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Sukabumi. Kegiatan ini merupakan program kerja unggulan sebagai kelanjutan pemberdayaan UMKM berbasis kearifan lokal. Inovasi yang di berdayakan berupa One Village One Product (OVOP) melalui potensi yang diunggulkan dengan memanfaatkan sumber daya lokal. Kegiatan penyuluhan inovasi produk Si Endut ini merupakan bagian dari program kerja Tim PkM dalam implementasi Panca dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh 20 pelaku UMKM, perwakilan apparat desa dan mahasiswa tim PkM FEB UNIDA yang bertujuan untuk memunculkan dan menarik potensi unggulan yang dimiliki oleh Desa Gunung Endut serta memberdayakan para pelaku UMKM untuk memiliki satu desa satu produk yang berasal dari desa Gunung Endut, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi. Disisi lain kegiatan penyuluhan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kepada pelaku UMKM dan masyarakat sekitar Desa Gunung Endut untuk temuan berupa inovasi yang telah dilakukan oleh mahasiswa tim PkM FEB UNIDA selama menjalani kegiatan PkM di Desa Gunung Endut.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh MC Siti Shabila Wenintias Mahasiswi Program Studi Manajemen. Dilanjutkan Sambutan dari Wakil Ketua Kelompok PkM Rozaan Fairuz. Pada sesi inti kegiatan pelatihan dilakukan penyampaian materi dari mahasiswa tim PkM Program Studi Manajemen Muhammad Akhsan dan Imanda Hanipah. Materi yang disampaikan seputar latar belakang produk, keunggulan produk, manfaat produk, keunikan produk, target pasar, peralatan, bahan baku, dan harga prokok produk. Setelah itu dilanjutkan dengan penayangan video pembuatan produk inovasi dengan nama Si Endut. Kegiatan pelatihan ditutup dengan icip-icip produk Si Endut, sesi tanya jawab dan foto bersama.

Terlaksananya kegiatan pelatihan merupakan bentuk komiten mahasiwa tim PkM FEB UNIDA untuk memberdayakan pelaku UMKM dan memunculkan inovasi produk dari keunggulan sumber daya yang dimiliki oleh Desa Gunung Endut untuk dikembangkan melalui pemberdayaan UMKM berbasis kearifan lokal.

Menurut Sekretaris desa Gunung Endut Bapak Ariyanto menyampaikan atas nama Pemerintah Desa (Pemdes) sangat berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan pendampingan UMKM binaan desa Gunung Endut semoga dapat berdampak pada peningkatan omset lebih baik lagi. Kemudian Beliau juga menyampaikan bahwa Kades Gunung Endut mengucapkan terima kasih sudah mau dan peduli membantu pendampingan dari Pemerintah Desa Gunung Endut untuk UMKM.

Sedangkan menurut salah satu pelaku UMKM yaitu Ibu Nurhasanah menyatakan bahwa kegiatan pelatihan untuk UMKM jarang diadakan di desa Gunung Endut. Beliau merasa terkesan dengan inovasi produk dan nama yang unik yaitu Si Endut, terdengar menjadi produk yang berasal dari desa Gunung Endut. Dengan adanya inovasi produk dari olahan hasil tani singkong di desa ini akan menambah keunikan dan referensi bagi para pelalu UMKM. Walau di desa ini produk yang berasal dari olahan singkong sudah banyak seperti ada keripik singkong, combro, ketimus, dan kue apem semoga dengan adanya Si Endut ini bisa jadi produk baru yang khas dari UMKM di desa ini dengan kemasan yang menarik, sehingga memiliki potensi yang bagus untuk dipasarkan secara online.

PKM Kelompok 8