Assalamualaikum. Wr. Wb.

UPAYA PENGEMBANGAN KEMASAN PRODUK INDUSTRI RUMAHAN WAJIK IBU OOT OLEH MAHASISWA KKN DJUANDA BOGOR.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 17 Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Djuanda Bogor dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Ibu Yulianingsih, SE., MM. membantu kembangkan usaha wajik di Desa Cimande (26 Juli 2022). Kegiatan ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengetahuan para pelaku usaha mengenai strategi pemasaran dan pembukuan keuangan untuk bisnis yang dijalaninya.

Bagi sebuah usaha, label kemasan pada sebuah produk merupakan hal yang sangat penting. Dengan label kemasan, produk yang dijual akan lebih mudah di kenal di pasaran. Oleh karena itu, menerapkan label produk pada kemasan sangat dianjurkan untuk membantu pengembangan sebuah bisnis.

Selain label kemasan, pembukuan keuangan juga merupakan hal yang penting dalam suatu usaha. Meskipun usaha tersebut masih tergolong kecil atau pemula, mengetahui dan menerapkan cara membuat pembukuan keuangan akan membantu pemilik usaha untuk naik kelas.

Namun, masih banyak pedagang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang saat ini masih belum sadar akan pentingnya label kemasan dan pembukuan keuangan bagi usaha yang dijalani. Seperti hal nya Ibu Oot yang belum menerapkan label kemasan dan pencatatan keuangan pada usahanya. Sehingga beliau belum mengetahui dengan pasti seberapa besar keuntungan ataupun kerugian yang dialami setiap harinya.

Dalam menyikapi hal tersebut, Mahasiswa KKN Kelompok 17 Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda Bogor, terjun langsung ke pemilik usaha Wajik yaitu Ibu Oot untuk melakukan sosialisasi mengenai label kemasan serta pelatihan pembuatan laporan keuangan yang sederhana.

Kegiatan pertama dilakukan dengan melaksanakan sosialisasi dengan ibu Oot mengenai pentingnya branding dengan label kemasan. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan desain label kemasan yang dibantu oleh mahasiswa KKN. Sebelum membuat desain label kemasan, mahasiswa melakukan diskusi terlebih dahulu bersama ibu Oot mengenai bentuk, warna, dan informasi apa

saja yang ingin diaplikasikan pada label kemasan produk. Setelah desain label selesai dibuat, mahasiswa KKN langsung mencetak label tersebut dan langsung mengaplikasikannya kepada kemasan wajik ibu Oot. Selain itu juga mahasiswa memberikan desain label kemasan dalam bentuk soft file agar Ibu Oot dapat menggandakan label tersebut secara mandiri untuk kedepannya.

Kegiatan kedua, mahasiswa melakukan pelatihan pencatatan keuangan yang sederhana kepada Ibu Oot. Pelatihan pembukuan sederhana ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang proses pembuatan pembukuan keuangan sederhana dengan cara pemberian beberapa contoh transaksi ekonomi dan cara penyelesaiannya serta pembagian buku kas debit/kredit kepada Ibu Oot untuk memudahkan mereka dalam proses penjurnalan. Sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan ini ialah timbulnya kesadaran bagi pelaku usaha tentang pentingnya membuat pembukuan keuangan sederhana secara rutin di setiap periode usahanya, kemudian ilmu dan informasi yang disampaikan dapat dimanfaatkan dan diterapkan dengan baik demi keberlangsungan usaha dan kemajuan perekonomiannya.

" Terimakasih kepada mahasiswa KKN yang sudah bantu ibu membuatkan label  kemasan dan memberikan pelatihan dalam pencatatan keuangan.  Semoga semua yang sudah kalian berikan dapat bermanfaat untuk ibu dan usaha wajik ibu kedepannya." Ujar Ibu Oot sebagai pemilik usaha wajik.