GUNUNG ENDUT, SUKABUMI - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Djuanda (UNIDA) melaksanakan pendataan dan observasi UMKM di Desa Gunung Endut, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi pada Jumat, 2 Agustus 2024. Kegiatan ini ditujukan kepada UMKM yang telah memiliki nama usaha namun belum memiliki logo usaha.

Pendataan dan observasi ini merupakan langkah lanjutan setelah mahasiswa PkM mengembangkan produk unggulan di desa tersebut. Langkah ini bertujuan untuk mengidentifikasi UMKM yang bersedia didampingi dalam pembuatan logo usaha, sesuai dengan permintaan pemilik terkait desain, bentuk, dan warna. Hal ini sebagai bagian dari program kerja PkM untuk mendukung pengembangan berkelanjutan produk UMKM di Desa Gunung Endut.

Dengan adanya pengembangan produk UMKM, diharapkan usaha-usaha tersebut dapat berkembang dengan kearifan lokal dan keunggulan ekonomi setempat. 

Tim Mahasiswa PkM UNIDA melihat bahwa manfaat pengembangan produk UMKM meliputi peningkatan daya saing, penjualan, dan pendapatan, serta membuka peluang diversifikasi pasar, meningkatkan branding, dan membuat produk UMKM lebih menarik.

Selain mendukung UMKM, kegiatan ini juga memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa di luar kampus, sesuai dengan Indikator Kerja Utama (IKU) Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).