Assalamualaikum Wr. Wb

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Djuanda (UNIDA) dikunjungi oleh Tim Asesmen Lapangan Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) dalam rangka akreditasi program studi, Kamis (2/2/2023).

Bertempat di Ruang Senat, Tim Asesmen Lapangan LAMEMBA yakni Dr. Ahim Abdurrahim, S.E., M.Si, Ak, SAS, CA, ACPA dan Dr. Lindrianasari, S.E., M.Si., Ak.CA diterima langsung oleh Chancellor UNIDA Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H, beserta Ketua Umum Yayasan Pendidikan Amaliyah Djuanda Dr. H. Bambang Widjojanto, M.Sc, Rektor UNIDA Prof. Dr. H. Suhaidi, S.H., M.H, para Wakil Rektor, Dekan FE beserta para Dekan di lingkungan UNIDA.

Chancellor UNIDA Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H yang juga merupakan Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Amaliyah Djuanda menyambut baik kedatangan Tim Asesmen LAMEMBA. Terkait dengan asesmen, Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H menyampaikan bahwa program studi Akuntansi merupakan salah satu program studi di UNIDA yang memiliki peminatan cukup besar serta penyerapan lulusan yang cukup tinggi.

“Selamat datang di Kampus Bertauhid, Universitas Djuanda. Kami mohon bimbingan, kiranya program studi Akuntansi ini dapat menjadi lebih baik. Terima kasih juga kami sampaikan kepada tim asesor, mudah-mudahan ke depan jika ada waktu lain nanti berkunjung kesini bukan sebagai asesor tetapi sebagai dosen tamu dalam kegiatan visiting lecturer atau kegiatan lainnya,” tuturnya.

Turu hadir Ketua Umum Yayasan Pendidikan Amaliyah Djuanda Dr. H. Bambang Widjojanto, M.Sc mengemukakan bahwasanya terdapat dua hal dalam pertemuan ini yang dapat dilihat. Dari kedua hal tersebut, Dr. H. Bambang Widjojanto, M.Sc berharap dapat membawa kebermanfaatan bagi kemajuan bersama.

“Pertama, ini adalah bukti bahwa kami ingin selalu menjadi lebih baik, bukan hanya program studi Akuntansi, namun juga setiap program studi yang pada hari ini hadir diwakili oleh para Dekan Fakultas. Untuk menjadi lebih baik kami memerlukan partner di luar kami, menjadi rujukan, tempat bertanya, belajar bersama. Apa-apa yang menjadi kekurangan atau kelemahan kami,” ungkap Dr. H. Bambang Widjojanto, M.Sc.

“Kedua, suka tidak suka, kompetisi akan terus berlangsung, maka hanya orang-orang terbaiklah yang bisa keluar dari kompetisi ini untuk menjadi pemenang, dan kita tidak ingin menjadi pemenang yang sombong, ponggak. Kami ingin menjadi pemenang yang tetap tawadhu,” sambungnya.  

Pada kesempatan ini, Rektor UNIDA Prof. Dr. H. Suhaidi, S.H., M.H dalam sambutannya menyampaikan, UNIDA saat ini tengah mempersiapkan diri untuk menuju perguruan tinggi yang unggul. Oleh karena itu, melalui berbagai perencanaan dan persiapan yang matang, Prof. Dr. H. Suhaidi, S.H., M.H berharap penilaian program studi Akuntansi yang divisitasi kali ini dapat meraih hasil baik dan optimal untuk mendukung pencapaian target UNIDA Unggul pada tahun 2026 tersebut.

Sementara itu, Dr. Lindrianasari, S.E., M.Si., Ak.CA selaku Tim Asesor LAMEMBA mengatakan, kegiatan asesmen lapangan ini merupakan bagian dari tahapan dalam proses penilaian kualitas pembelajaran pada program studi. Hal ini dilakukan untuk melihat bagaimana kegiatan belajar mengajar beserta instrumen dan insfrastrukturnya sudah memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan dalam penilaian akreditasi.

 

“Kita disini tidak ingin mencari yang salah, tetapi disini kita sama-sama belajar untuk sekiranya membenahi yang kurang dalam tujuan menjadi lebih baik sesuai dengan tadi yang disampaikan.  Sehingga terkait dengan ini kita perlu sama-sama berkolaborasi, supaya proses asesmen ini berjalan lancar sesuai seperti apa yang kita harapkan bersama,” pungkasnya.