Gunung Endut, Kamis, 1 Agustus 2024 - Mahasiswa Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Djuanda berkolaborasi dengan Karang Taruna menyelenggarakan kegiatan sosialisasi bidang ilmu manajemen dan keorganisasian di Aula MA Darul Ahkam, Desa Gunung Endut, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Tim PkM dalam implementasi Panca dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh siswa/i MA Darul Ahkam, pengurus OSIS MTS Darul Ahkam, kepala Madrasah, guru, dan jajaran. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mengimplementasikan teori manajemen yang telah dipelajari di perkuliahan. Selain itu, Tim PkM berkolaborasi dengan Karang Taruna Desa Gunung Endut untuk memaparkan materi keorganisasian yang relevan dengan kondisi desa setempat.

Mahasiswa Tim PkM juga memanfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan Universitas Djuanda. Mahasiswa tim PkM menyampaikan informasi tentang Profil Kampus, Fakultas, Program Studi, Fasilitas, Program Beasiswa, Organisasi Mahasiswa, serta Unit Kegiatan Mahasiswa dengan membagikan brosur kepada siswa/i MA Darul Ahkam.

Acara dipandu MC Luqman Hakim dan Siti Shabila Wenintias Mahasiswa/i Progam Studi Manajemen. Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh perwakilan siswa dan pengurus OSIS dari MA Darul Ahkam yaitu Zaini Rahmat Hidayat, kemudian dilanjut dengan sambutan oleh Ketua Madrasah MA Darul Ahkam Ibu Hj. Endeh Nurhasanah, S.Sos.I.,M.Pd.I, sambutan Ketua Kelompok PkM Muhammad Akhsan.

Berlanjut kepada sesi pertama inti kegiatan sosialisasi yaitu pemaparan materi tentang bidang ilmu manajemen yang dibawakan oleh pemateri dari Mahasiswa tim PkM Delia Luthfiany, dan pemaparan materi kedua tentang pentingnya penerapan manajemen dalam keroganisasian sebagai pengantar sebelum kepada penyampaian materi oleh Karang Taruna yang dibawakan oleh Muhammad Akhsan. Mahasiswa tim PkM juga pada kesempatan ini melakukan promosi dan pembagian brosur kepada siswa/i MA dan MTS Darul Ahkam, kemudian pemaparan materi yang ketiga tentang pentingnya penerapan manajemen dalam keorganisasian Karang Taruna yang dibawakan oleh Bapak Indra perwakilan juru bicara dari Karang Taruna Desa Gunung Endut.

Kegiatan ini menunjukkan komitmen Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Djuanda dalam mengaplikasikan ilmu yang mereka pelajari untuk kemajuan masyarakat dan memperkuat hubungan dengan lingkungan sekitar.