Gunung Endut, Sabtu, 3 Agustus 2024 - Mahasiswa Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Djuanda menyelenggarakan sosialisasi bidang ilmu manajemen di Aula Keagamaan SMK Kesehatan Darul Ahkam, Desa Gunung Endut, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Tim PkM dalam implementasi Panca Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh siswa/i MA Darul Ahkam, pengurus OSIS SMK Kesehatan Darul Ahkam, Kepala Sekolah, Guru, dan jajaran. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mengimplementasikan teori manajemen yang telah dipelajari di perkuliahan. Mahasiswa Tim PkM juga memanfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan Universitas Djuanda, menyampaikan informasi tentang profil kampus, fakultas, program studi, fasilitas, program beasiswa, organisasi mahasiswa, serta unit kegiatan mahasiswa melalui presentasi dan sesi tanya jawab bersama siswa/i.

Acara dipandu MC Luqman Hakim dan Siti Shabila Wenintias Mahasiswa/i Progam Studi Manajemen. Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh perwakilan siswa dan pengurus OSIS dari MA Darul Ahkam yaitu Noval Hidayat, kemudian dilanjut dengan sambutan oleh Ketua Kelompok PkM Muhammad Akhsan, sambutan oleh Kepala Sekolah Bapak Mansur, S.H yang diwakili oleh Waka Kurikulum Bapak Endang Suherman, S.Pd.

Dalam sambutannya Waka Kurikulum SMK Kesehatan Darul Ahkam menyampaikan, bidang ilmu manajemen mengait dalam segala aspek kehidupan seperti manajemen diri, manajemen lingkungan, manajemen sosial, dan manajemen dalam pekerjaan.

"Setiap ilmu yang disampaikan pasti akan memiliki manfaat dan karunianya sendiri, termasuk bidang ilmu manajemen. Walaupun di sekolah kita itu memiliki jurusan yang berfokus kepada kesehatan, namun bidang ilmu manajemen akan tetap dibutuhkan terkhusus untuk para siswa/i SMK Kesehatan Darul Ahkam. Maka dari itu semoga dengan adanya kegaitan sosialisasi bidang ilmu manajemen ini teman-teman Mahasiswa dapat lebih memahami apa yang telah dipelajari di perkuliahan dan membagikannya kepada siswa/i yang akan diterapkan di sekolah." Ujar Bapak Endang Suherman.

Berlanjut kepada sesi inti kegiatan sosialisasi yaitu pemaparan materi tentang bidang ilmu manajemen yang dibawakan oleh pemateri dari Mahasiswa tim PkM Delia Luthfiany dan Muhammad Akhsan. Mahasiswa tim PkM juga pada kesempatan ini melakukan promosi dan melakukan sesi tanya jawab bersama siswa/i SMK Kesehatan Darul Ahkam.

Kegiatan ini menunjukkan komitmen Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Djuanda dalam mengaplikasikan ilmu yang mereka pelajari untuk kemajuan masyarakat dan memperkuat hubungan dengan lingkungan sekitar.

Mendukung kegiatan sosialisasi agar lebih seru dan menarik, Tim Mahasiswa PkM melakukan sesi games bersama siswa/i SMK Kesehatan Darul Ahkam dengan menyediakan hadiah. Setelah itu sebagai bagian dari penghujung acara kegiatan dilanjut dengan pemberian cendramata dan sesi dokumentasi bersama.