Bogor, Rabu 23 Agustus 2023 Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda menyelengarakan pengabdian ke masyarakat UMKM di Desa Wates Java kecamatan Cigombong dengan tema “Pemberdayaan UMKM dan BUMDES Berbasis kearifan Lokal”. Kegiatan ini berlangsung secara khidmat diikuti oleh seluruh Dosen, mahasiswa, Pelaku UMKM dan Sekretaris Desa dan Staf Desa.

Diawali dengan sambutan oleh Kepala Desa Yang diwakili oleh Sekretaris Desa yaitu Bapak Wawan

“Kami mengucapkan Terimakasih kepada Universitas Djuanda khususnya Fakultas Ekonomi sudah bersedia melakukan pengabdian di Desa kami, pengabdian ini sangat membantu para pelaku UMKM Desa Wates Java baik dalam bidang digital marketing ataupun cara melakukan laporan keuangan. Semoga tujuan pengabdian ini bisa berkesinambungan” Ujar Sekretaris Desa.

Selanjutnya sambutan kedua oleh Dekan Fakultas Ekonomi Ibu Dr. Dra., Sri Harini, M.Si sekaligus pembuka acara.

“Kami Ucapkan terimaksih kepada segenap pengurus Desa telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengabdi disini, Semoga pengabdian ini bisa membantu para Pelaku UMKM. Mungkin kami secara teori sudah terbiasa, namun ilmu yang bermanfaat itu harus di sampaikan kepada masyarakat”

Kemudian berlangsung pemaparan materi dan pelatihan mengenai Digital Marketing yang disampaikan oleh Ibu Dr. Erny Amriani Yasmin dan Pelatihan Laporan Keuangan Sederhana oleh Bapak Andy Lasmana, SE., MM.

Setelah penyampaian materi dan peltihan dilanjut kegiatan dengan Diskusi atau Tanya jawab, para pelaku UMKM sangat aktif bertanya.

Dipenghujung acara memberikan sertifikat kepada para narasumber dan pemberian cendramata kepada Desa Wates Java.

Segenap Dosen Fakultas Ekonomi berharap pengabdian ini bisa terus berlanjut dan selalu memberikan pendampingan secara continue sehingga penjualan UMKM meningkat dan mampu meningkatkan perekonomian khususnya di Desa Wates Java.