Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Kelompok 7 Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Djuanda (UNIDA) melaksanakan kegiatan mewarnai serta belajar menghitung dengan konsep bermain. Kegiatan di kelas tersebut terasa berbeda karena mahasiswa mengajak anak-anak untuk belajar sekaligus bermain di SDN 01 Banjarsari  yang dilakukan di Desa Banjarwangi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor pada Rabu (02/08/2023).

Salah satu tema KKN-T yaitu mengusung tema Pendidikan. Melalui program ini mahasiswa berfokus untuk melakukan kegiatan mewarnai dengan tujuan untuk melatih kecerdasaan motorik halus melalui kegiatan mewarnai, sebagai media berekspresi anak-anak, meningkatkan memori, dan mendorong analisis visual. Selain kegiatan mewarnai, mahasiswa pun melaksanakan kegiatan mengajari menghitung dengan konsep bermain.

Hal ini disampaikan oleh Nuratih Dewi Rahayu selaku Ketua Kelompok 7 dalam pertemuan dengan wali kelas 2 Ibu Fitri di SDN 01 Banjarsari. “Belajar sambal bermain lebih efektif bagi usia anak-anak. Kami memilih kegiatan mewarnai dengan berbagai karakter agar anak-anak dapat memilih gambar apa yang mereka sukai dan agar anak-anak tidak merasa bosan dan pada saat mewarnai anak-anak dapat mengeksplore semua warna dan dapat membuat anak-anak memiliki kreativitas. Kegiatan mewarnai merupakan hal awal yang dapat mereka lakukan dalam melatih kecerdasaan motorik halus serta dapat mendorong analisis visual. Selain itu, kegiatan berhitung dikemas dengan bermain dapat melatih anak-anak untuk dapat mengerti dan menangkap pertanyaan dengan mudah.”

Kegiatan dilaksanakan di SDN 01 Banjarsari Desa Banjarwangi dan para mahasiswa disambut baik oleh para guru dan siswa/siswi. Mereka sangat antusias dengan adanya kegiatan tersebut.

Dalam hal ini, Ibu Fitri selaku wali kelas 2 mengungkapkan kegembiraannya atas kedatangan mahasiswa. “Saya ucapkan terima kasih karena telah melaksanakan kegiatan dengan manfaat yang baik untuk anak-anak dan telah membantu kegiatan pembelajaran dalam hal menghitung,” ungkapnya.