KKN UNIDA Fakultas Ekonomi Kelompok 16, kali ini mengusung tema “UKM Unggul Melalui Optimalisasi Inovasi dan Transformasi Digital”.

Maka dari itu, Deni Firmansyah selaku ketua kelompok dan 9 mahasiswa/i lainnya, membuat program yang merupakan salah satu program kerja mereka, yaitu melakukan “Pelatihan Mengenai Pencatatan Akuntansi dan Digital Marketing Pada UMKM” dan memilih salah satu UMKM yang berada di desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor yaitu UMKM pembuatan boneka H.Usman dan budidaya ikan bawal H. Nurdin.UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, khususnya di desa Ciburuy saat ini masih belum mengenal apa yang namanya digital marketing dan pencatatan akuntansi, dikarenakan para pelaku umkm di desa ini masih terkesan konvensional, dimana mereka belum mencatat sistem keuangan mereka dan juga pemasaran hanya mengandalkan mulut ke mulut saja.Permasalahan ini yang membuat Deni dan mahasiswa/i lainnya membuat suatu program kerja tersebut. Dimana yang mereka harapkan dengan adanya pelatihan ini adalah menuntut pelaku UMKM untuk lebih kreatif dan inovatif serta dapat mengikuti perkembangan tren yang ada.Sebuah UMKM akan sulit untuk berkembang jika pelaku usahanya kurang bisa mengikuti perkembangan yang terjadi di sekitarnya serta branding yang dilakukan kurang up to date. Maka dari itu, KKN Kelompok 16 ini membantu para pelaku UMKM yang berada di daerah Desa Ciburuy untuk lebih memahami mengenai strategi pemasaran secara online dan pencatatan akuntansi yang baik dan benar. 

Pelatihan ini dilaksanakan secara berkala dan pendampingan untuk memastikan bahwa para pelaku UMKM tidak kesulitan dan mengerti penuh terhadap apa yang disampaikan.

Tak hanya itu, kegiatan pelatihan sebagai program kerja KKN ini juga disertai dengan tips serta tutorial cara mendaftarkan gerai ke e-commerce.

Para pelaku UMKM mengaku sangat senang dengan adanya pelatihan mengenai pemasaran online dan pencatatan akuntansi pada UMKM tersebut, bahkan H. Usman selaku pemilik UMKM pembuatan boneka berterima kasih langsung kepada Deni dan 9 mahasiswa/i lainnya dan berharap kegiatan KKN ini bisa berguna bagi bisnisnya dan untuk kedepannya