Sebanyak 20 kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Djuanda (UNIDA) resmi menutup kegiatan KKN secara simbolis dengan menerbangkan balon berwarna kuning yang merupakan simbol warna FE UNIDA. Penutupan KKN ditutup oleh Rektor Universitas Djuanda Prof. Dr. Suhaidi, SH., MH. serta turut hadir Wakil Rektor 1 Aal Lukmanul Hakim, SH.,MH, Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Sri Harini, Dra.,M.Si beserta jajaran struktural, dosen dan tenaga pendidikan pada Sabtu (10/09/2022) di gedung E lantai 1.

Dalam Sambutannya Dekan FE menyatakan bahwa penutupan KKN tahun 2022 mahasiswa prodi Akuntansi dan Manajemen ini sekaligus pameran produk UMKM binaan FE UNIDA. Kegiatan ini sebagai penutup rangkaian KKN yang telah dilaksanakan dari 2 bulan lalu, dari mulai penyusunan program kerja dan pelepasan mahasiswa. KKN ini melibatkan sekitar 200 mahasiswa FE yang terbagi ke dalam 20 kelompok yg dibimbing oleh 10 dosen pembimbing lapang, dengan Mitra 40 UMKM yang tersebar di Kabupaten maupun Kota.

Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar, mudah-mudahan ilmu yang didapat sudah diimplementasikan oleh mahasiswa dan bermanfaat. Kegiatan KKN ini dilakukan oleh mahasiswa dalam rangka pembinaan UMKM melalui beberapa pelatihan diantaranya digital marketing dan pencatatan keuangan sederhana. UNIDA sudah punya nama baik tingkat nasional maupun regional, kita harus bangga dan perlu ditingkatkan secara terus menerus. Diharapkan dari kegiatan ini dapat meningkatkan kinerja keberlanjutan UMKM, tidak hanya ibarat menara gading tetapi UNIDA terkenal sampai ke masyarakat, dari kegiatan KKN ini dapat mewujudkan UNIDA sebagai rahmatan lil alamin,” Ungkap Dekan FE.

Rektor Universitas Djuanda melihat KKN ini merupakan kegiatan intrakurikuler, salah satu unsur tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat,

“Saya mendengar adik-adik mahasiswa ini berhasil dalam melaksanakan kegiatan yang sudah ditanamkan oleh fakultas sehingga KKN ini mencapai tujuan yang kita harapkan. Alhamdulillah kami dari jajaran rektorat dan jajaran dekanat fakultas mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa yang sudah berhasil melaksanakan kegiatan KKN di tempat nya masing-masing dan selamat datang kembali ke Universitas, disamping ilmu yang sudah dituangkan ke UMKM tersebut mahasiswa juga dapat merasakan manfaat bersilaturahmi dan mempraktikan teori dilapangan,” pungkas Rektor.

 

Acara dilanjutkan dengan pameran berbagai produk UMKM, masing-masing kelompok mahasiswa mempresentasikan produk hasil KKN nya kepada seluruh insan unida yang hadir pada pameran tersebut.