Badan Pengembangan Keilmuan (BPK) Universitas Djuanda (UNIDA) kembali menyelenggarakan kegiatan One Day For Writing Per Week pada Selasa (20/12/2022) dengan diikuti oleh para Dosen Fakultas Ekonomi (FE) UNIDA.

Pada kesempatan kali ini, Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D membahas materi lanjutan mengenai “Introduction” yang bertujuan untuk memetakan cara berfikir dalam membuat sebuah artikel ilmiah.

“Jadi, introduction itu di awal kita bisa membuat drafnya terlebih dahulu, itu bertujuan untuk memetakan cara berfikir kita dalam membuat sebuah artikel ilmiah. Ini sebagai cara How to Clarify Source, makanya di awal-awal kita perlu membuat sketch, supaya penulisan artikel kita dapat terarah,” ujarnya.

“Ada 4 hal yang perlu diperhatikan dalam menulis artikel ilmiah, antara lain OriginalityContributionLogical Truth dan Bahasa. Dalam memilih bahasa, harus betul teliti dan dianalisis kata per-kata. Oleh sebab itu, kondisi kita sebelum mulai menulis itu harus dalam kondisi yang prima, karena energi yang kita habiskan untuk berfikir sama seperti orang yang sedang berolahraga,” sambungnya.

 

Seperti diberitakan sebelumnya, kegiatan One Day For Writing Per Week ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas karya tulis ilmiah para dosen. Pada setiap minggunya, BPK UNIDA mengunjungi tiap fakultas untuk melakukan pelatihan dan pendampingan secara langsung. 

 

Sumber: unida.ac.id